• West Java Kingdom


    Kerajaan di Barat Jawa
    Penelusuran Sejarah antara Legenda dan Fakta

  • West Java Kingdom

    Search of the History between Legend and Fact

  • West Java Kingdom

    Seni, Tradisi, Budaya, dan Wisata Sejarah

Posted by Republik Anggalarang
2 comments | 3:32 PM
Kerajaan ini meliputi wilayah Kecamatan Astana Japura, Sindanglaut dan Ciledug (masuk ke dalam wilayah Kabupaten Cirebon sekarang).
Raja yang terkenal dari kerajaan ini adalah Prabu Amuk Marugul (putra Haliwungan / Prabu Susuktunggal, Raja Sunda ke-34). Dikisahkan, Amuk Marugul pernah bertarung dengan Jayadewata (Prabu Siliwangi) dalam sayembara untuk memperebutkan Ratu Subanglarang (Puteri Ki Gedeng Tapa dari Kerajaan Sing Apura). Dan ternyata kesaktian Amuk Marugul tidak mampu menandingi ajian Maung Pajajaran milik Prabu Jayadewata, sehingga akhirnya Subanglarang menikah dengan Prabu Jayadewata pada tahun 1422.
Dalam tahun yang sama, Kerajaan Japura harus merelakan wilayahnya diambil alih oleh Kerajaan Sing Apura, melalui pertempuran sengit untuk memperebutkan pelabuhan Japura yang waktu itu seramai pelabuhan Sunda Kelapa. Dengan demikian berakhirlah riwayat dari Kerajaan Japura.

2 comments:

  1. tidak tepat tulisan nya...silahkan hubungi pak abdullah abdul rauf orang japura bakti..terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih untuk perhatiannya. Jika tidak keberatan silahkan mencantumkan alamat/kontak dari narasumber yg direkomendasikan. Hatur nuhun.

      Delete

kembali ke atas